Wednesday 17 June 2015

Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh


PortalBerita.com - Ramadan adalah bulan ketika semua umat Muslim berpuasa menahan dahaga, emosi dan hal negatif lainnya sejak matahari terbit hingga matahari tenggelam kembali. Berpuasa selama 10 hingga 12 jam ini memberikan banyak manfaat positif bagi banyak tubuh. Apa saja manfaat positif bagi tubuh?

Seseorang yang berpuasa pasti akan kekurangan energi sehingga tubuh dituntut untuk mencari sumber energi alternatif di dalam tubuh, termasuk kolesterol jahat akan dijadikan sumber energi alternatif bagi tubuh sehingga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh jadi berkurang.

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 8%, trigliserida sebesar 30%, kolesterol sebesar 11%, dan menurunkan berat badan sebesar 2,6%. Dan juga bertambahnya jumlah kolesterol yang baik sebesar 14,3%. Menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi resiko stroke dan memperbaiki profil gula darah penyandang diabetes.

Ibadah puasa selama bulan Ramadan mengajarkan kita untuk lebih disiplin dalam pola hidup, mulai dari bangun tidur, sahur, berbuka, hingga tidur malam. Kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok dan mengudap pun akan menghilang – minimal berkurang – selama bulan tersebut, sehingga menghasilkan gaya hidup yang lebih sehat. Diharapkan agar gaya hidup sehat ini tetap terbawa walapun bulan suci sudah selesai.


Sumber: KlikDokter.com

0 comments:

Post a Comment