Sunday 28 June 2015

Tips Agar Tetap Fit Selama Berpuasa




PortalBerita.com - Berpuasa memang menyebabkan metabolisme di dalam tubuh kita menuru sehingga dampaknya membuat rasa letih, lesu dan lemas. Tapi bukan berarti kita harus malas-malasan. Ada cara untuk menjaga tubuh kita agar fit dan kuat. Berikut adalah tipsnya agar tetap fit selama berpuasa.

1. Makan yang benar

Pada saat puasa bukan berarti kita harus mengonsumsi terlalu banyak makan. Makanlah secukupnya agar tubuh kita tidak menjadi kekenyangan dan malas sehingga menyebabkan kegiatan yang selanjutnya akan terganggu. 

Pada saat sahur, cobalah konsumsi makanan yang dapat memberikan Anda energi untuk bertahan sepanjang hari. Yakni dengan kombinasi sayuran dan buah yang kaya akan serat, serta makanan yang dimetabolisme tubuh secara lambat seperti:
  • nasi merah,
  • gandum,
  • serta produk susu yang rendah lemak. 
Pada saat berbuka, jangan memakan makanan yang sangat manis dan gorengan yang sangat banyak. Karena ini akan berdampak tidak baik bagi lambung

Saat berbuka baiknya kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit dan air putih dahulu, bisa dilanjutkan dengan sup sayur dan makanan yang mengandung 5 sumber nutrisi untuk tubuh yaitu sayuran, buah, nasi merah dan protein seperti ikan atau ayam.

2. Tetap berolahraga

Berpuasa bukan berarti berhenti olahraga. Kita bisa berolahraga sesaat setelah berbuka puasa. Agar kita tidak kelelahan maka jagalah energi kita dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks, serta sayuran.

3. Tidur yang cukup

Tubuh membutuhkan waktu selama 7-8 jam untuk beristirahat. Maka selama puasa janganlah bergadang untuk menunggu sahur. Usahakan untuk mengatur kegiatan agar dapat beristirahat dengan baik agar tubuh tetap fit.

0 comments:

Post a Comment